close
blog

Henn-na, Hotel Dengan Pelayan Robot

hh

Jepang memang jagonya teknologi. Di negeri bunga sakura ini, muncul beragam produk dan inovasi canggih di beragam sektor. Tidak terkecuali teknologi yang berhubungan dengan robotika. Untuk robotika sendiri, tidak di ragukan lagi bahwa Jepang menjadi kiblat dunia internasional dengan kecanggihan beragam robotnya, contohnya Asimo. Obsesi masyarakat Jepang dalam tentang pe-robot-an sendiri bisa kita lihat dari judul – judul manga dan anime bertema robot, conthonya gundam series, medabot, hingga eve no jikan. Dan sekarang, tampaknya Jepang selangkah lebih maju lagi menjadikan khayalan tentang para robot hidup berdampingan dengan manusia menjadi kenyataan. Kini mereka pun berkreasi kembali dengan kekuatannya di bidang teknologi, yaitu menciptakan hotel robot pertama di dunia yang dinamakan Hotel Henn-na. Jangan kaget apabila Anda datang ke hotel ini disapa oleh robot-robot futuristik.

Henn-na Hotel

Sebagian pelayan di Henn-na Hotel akan terdiri atas “actroid” android, robot serupa manusia yang akan menyambut tamu, membawakan koper ke ruangan, membikinkan secangkir kopi, dan bahkan tersenyum. Seperti dilansir laman The Telegraph, hotel di taman rekreasi bergaya kota Belanda, Huis Ten Bosch, itu akan menggunakan actroid android yang sudah dikembangkan oleh Osaka University dan diproduksi oleh Kokoro, satu cabang perusahaan yang melisensi Hello Kitty.

Pertama diungkap tahun 2003, model robot sudah diperkaya dengan generasi terkini robot dengan bentuk dan perangai seperti perempuan Jepang muda yang selain bicara bahasa Jepang, Tiongkok, Korea dan Inggris akan bisa membuat gerakan tangan, membalas gerakan mata, (dan tak diragukan mengukur suasana hati). Menurut laman Kokoro, robot dioperasikan menggunakan sistem tele-operasi dan “interaksi penuh sensasi kehidupan bisa diciptakan karena operator bisa membuat robot menirukan ekspresi wajahnya seketika.”

Tiga actroid berseragam akan bertugas sebagai staf resepsionis di Henn-na Hotel yang dijadwalkan buka bulan Juli. Uniknya, pengunjung yang menggunakan bahasa Inggris akan dilayani dengan resepsionis yang berbentuk dinosaurus. Jangan khawatir robot ini bisa berinteraksi dengan kita. Ada juga robot yang akan membawa tas dan barang bawaan kita menuju kamar. Tentu anda tidak usah memberikan uang tip pada mereka, sungguh mengagumkan.

Hotel Henn-na merupakan inspirasi bagi lahirnya kecanggihan teknologi yang bisa memudahkan pekerjaan manusia. Hotel yang berlokasi di Sasebo, Nagasaki Prefecture ini saat pertama berdiri membuka 72 kamar. Pada tahun 2016 hotel ini akan menambah 72 kamar hotel lagi. Jika hotelnya ini berjalan dengan mulus ia akan membangun 1.000 hotel robot di seluruh dunia. Henn-na Hotel terletak di perfektur Nagasaki, tepatnya di Huis Ten Bosch yaitu sebuah theme park yang menampilkan suasana kota lama Belanda.

Di dalam hotelnya sendiri ada satu robot berbentuk telur yang akan menyediakan segala keperluan dan kebutuhan para pengunjung hotel. Robot mungil ini bernama Tuly. Tugasnya adalah untuk mengatur suhu kamar, meredupkan dan menyalakan lampu secara otomatis, serta memberikan informasi tentang cuaca hari ini. Cukup memberikan suara, maka Tuly akan menjalankan tugasnya. Tenang, Tuly memiliki multibahasa yang sengaja dirancang agar mengerti ucapan para pengunjung dari berbagai negara.

Tarif Hotel Henn-na

Tersedia 72 kamar di gedung tingkat dua hotel, dengan biaya menginap per malamnya berkisar antara 7.000 Yen Jepang/800.000 Rupiah hingga 9.000 Yen Jepang/1 juta rupiah. Hotel ini tidak menerapkan tarif tetapnya. Tamu harus menawar seperti lelang, dan harga tertinggi akan mendapatkan kamar tersebut. Tentu saja ada harga dasar yang telah ditetapkan sebelumnya. Tarif kamar saat pembukaan sekitar 7.000¥ untuk satu kamar tipe standard room. Tarif juga bisa mencapai 18.000¥ saat harga lelang tinggi untuk tiga kamar. Untuk tipe Superior dan Deluxe tarifnya berbeda. Apabila anda tertarik menginap disini siapkan saja uang sesuai tipe kamar yang diinginkan.

Benar-benar sebuah hotel futuristik dengan berbagai fitur canggih di dalamnya. Dan jika anda membutuhkan sesuatu atau ingin memesan sesuatu, anda hanya perlu menggunakan tablet dari dalam kamar hotel dan anda akan mendapatkan apa yang anda butuhkan secepatnya. Di setiap kamar tidak dilengkapi dengan AC, karena sudah tersedia panel radiasi untuk mengatur temperatur ruangan berdasarkan panas tubuh pengunjung. Menarik bukan? Hingga saat ini masih diharapkan jika Henn-na Hotel ini nantinyaa akan dikendalikan secara penuh oleh para robot. Targetnya sendiri adalah 90% pekerjaan di hotel ini di handle oleh robot-robot cerdas tersebut.

Tumbeho Zen

The author Tumbeho Zen