close
Informasi

Koleksi Hotel Berlabel Halal Dari Seluruh Dunia

kyoto-granvia-outside_luxurytraveltojapan.com_

Wow, travel bagi negara-negara muslim kini tengah memasuki babak baru lho guys. Kunjungan para traveler beragama islam pun juga semakin meningkat di berbagai negara di Asia Timur hingga Eropa. Hal ini membuat para pengelola pariwisata di negara-negara yang menjadi tujuan wisata traveler muslim giat berbenah dalam memfasilitasi keperluan untuk turis yang satu ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa para traveler muslim sampai saat ini masih mengalami kesulitan untuk menemukan hotel dengan restonya yang berlabel halal. Tapi jangan khawatir guys, untuk sekarang ini telah ada beberapa hotel di beberapa negara yang mulai memfasilitasi traveler muslim dengan membuka hotel berlabel halal dimana di hotel tersebut tersedia restoran yang menyajikan makanan halal, ada ruang untuk salat dan ada sebuah Al-Quran disediakan di meja. Mau tahu hotel apa saja yang berlabel halal? Cek disini yuk.

1. Granvia Hotel Kyoto, Jepang – Hotel yang Bersahabat Bagi Traveler Muslim

Nah, kalau kalian ingin melakukan traveling ke Jepang terutama ke kota Kyoto jangan khawatir jika ingin mendapatkan makanan halal di kota tersebut. Banyak hotel dengan restoran berlabel halal di bekas ibu kota Jepang tersebut. Salah satunya adalah Hotel Granvia yang beralamatkan di JR Kyoto Station Central Gate, Karasuma-dori Shiokoji-sagaru, Shimogyo-ku, Kyoto-shi, Kyoto.

Hotel Granvia Kyoto ini adalah sebuah hotel berbintang empat pertama di Jepang yang memperoleh sertifikat halal dan mendapatkan peringkat empat dalam bidang pelayanan dan fasilitas terhadap tamu muslim. Hotel ini memiliki komitmen menjadi hotel yang bersahabat bagi tamu muslim dengan menyediakan makanan halal, ruang sholat yang dilengkapi arah kiblat, sajadah, jadwal salat hingga Al-Qur’an.

Selain Hotel Granvia, di Kyoto juga banyak terdapat hotel berlabel halal antara lain Kyoto Century Hotel, The Westin Miyako, Hotel Nikko Princess, Hyatt Regency Kyoto dan masih banyak lagi. Hotel-hotel tersebut menyediakan ruang dapur terpisah yang dikhususkan untuk memasak makanan halal.

2. Aerostar Hotel, Rusia – Hotel Halal di Rusia

Semenjak runtuhnya Uni Soviet wajah Rusia kini telah banyak mengalami perubahan. Negara ini kini lebih terbuka dan hangat dalam menyambut wisatawan muslim yang datang untuk berkunjung ke sana. Beberapa hotel bernuansa syariah telah berdiri megah di pusat kota Moskow yang dilengkapi dengan restoran berlabel halal untuk melayani para tamu muslim yang datang.

Salah satu hotel yang memiliki label halal di Rusia adalah Aerostar Hotel yang berada di kota Moskow. Hotel ini mulai melakukan beberapa modifikasi yang diperlukan guna untuk memenuhi kebutuhan umat islam. Misalnya dengan menyediakan daging halal di menu restorannya, Al-Qur’an dan sajadah disetiap kamar hotel hingga menyediakan ruang khusus untuk salat.

Mereka melakukan ini semua karena mereka sadar jika wisatawan muslim juga memiliki prospek yang besar dalam industri pariwisata di negara yang memiliki 20 juta penduduk muslim.

3. Cosiana Hotel, Vietnam – Hotel dengan Rating AAA dalam Pelayanan Kepada Muslim

Majalah terkemuka tentang wisata, Lonely Planet Traveler menyebut bahwa Hanoi termasuk dalam destinasi wisata kota terbaik di Vietnam pada tahun 2012. Di tahun yang sama, kota ini juga masuk dalam daftar 10 tujuan menarik di Asia versi Smart Travel Asia, majalah wisata online Hong Kong. Ditambah lagi dengan potensi wisatawan muslim di Vietnam yang sangat menjanjikan membuat James Segaran, seorang pengusaha perhotelan mendirikan hotel halal pada tahun 2011.

Salah satu hotelnya yang berlabel halal adalah Cosiana Hotel yang berada di Hanoi. Di hotel ini terdapat restoran yang menyajikan masakan bersertifikat halal bernama d’Lions Restaurant.

Untuk dapat menyediakan makanan halal pihak pengelola hotel membawa chef dari Malaysia untuk melatih para koki lokal. Hotel ini telah mendapat setifikat halal dari masjid dan organisasi muslim setempat. Bahkan hotel ini mendapatkan rating AAA nilai tertinggi yang bisa diberi Crescent Rating, perusahaan audit swasta yang memberikan penilaian terhadap pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan hotel kepada muslim.

4. Adenya Hotel, Turki – Hotel Halal di Negara Sekuler

Kita semua tahu bahwa Turki adalah salah satu negara sekuler yang netral terhadap urusan agama. Di negara ini pula terdapat sisa-sisa masa kejayaan islam yang ada di negara yang secara administratif ikut wilayah Eropa ini. Namun kini Turki lebih bersahabat dengan wisatawan muslim, faktanya saat ini ada sekitar 75 hotel berlabel islami di sana.

Hotel-hotel yang berlabel halal tersebut tidak menghidangkan alkohol dan daging babi, mereka juga memisahkan kolam renang untuk tamu pria dan wanita serta mengharuskan pegawainya berpakaian sopan. Salah satu hotel yang berlabel halal di Turki adalah Adenya Hotel yang berada di Antalya Resort. Hotel ini telah mendapatkan sertifikat sebagai hotel halal dari World Halal Union.

Itulah beberapa hotel berlabel halal di dunia. Nah, sekarang guys kita tidak perlu khawatir lagi untuk bertraveling keluar negeri karena kini hotel halal sudah menjamur di berbagai negara. Sekarang kamu tinggal pilih aja tempat mana yang kamu tuju.

Tumbeho Zen

The author Tumbeho Zen